Read Mey's Minds

About love, life, sometimes hateful thoughts…

Laporan Hasil Wawancara Komunikasi Bisnis 27/06/2010

IBU ANDARWATI :

VISI MASA DEPAN WANITA CERDAS DAN MANDIRI

Laporan yang berisi riwayat singkat Ibu Dr. Andarwati, SE., ME. ini dibuat untuk melengkapi tugas ujian akhir semester mata kuliah komunikasi bisnis dan arsip yang selanjutnya disimpan Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Informasi yang terdapat laporan ini didapat melalui wawancara langsung dengan narasumber dan bahan – bahan tertulis yang diperoleh melalui buku pedoman Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang serta internet. Kami berharap informasi yang terangkum dalam laporan ini dapat bermanfaat bagi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang khususnya, dan khalayak umum.

Data Pribadi

Nama : Dr. Andarwati, SE., ME.

NIP : 132 206 306

Tempat, tanggal lahir : Malang, 29 Januari 1961

Jenis kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Alamat rumah : Jln. Panglima Sudirman 21 Malang

Telepon / HP : (0341) 325691 / 0811362502

Riwayat Pendidikan

  1. Menempuh pendidikan S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi (kemudian transfer ke Manajemen) di Universitas Brawijaya Malang pada tahun 1984.
  2. Menempuh pendidikan S2 bidang Manajemen Keuangan dan Strategi di Universitas Indonesia Jakarta pada tahun 1991.
  3. Menempuh pendidikan S3 bidang strategi lembaga keuangan di Universitas Airlangga Surabaya, dengan disertasi yang berjudul “Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal terhadap Strategi dan Kinerja di Perusahaan Modal Venture” dan menerima gelar Doktor pada tahun 2007.

Latar Belakang Pendidikan dan Karier

Bungsu dari 2 bersaudara ini berasal dari latar belakang keluarga dengan suasana militer dan disiplin yang kental. Beliau tinggal di kompleks militer, bersekolah di taman kanak – kanak dan sekolah dasar bernuansa militer, serta dididik dengan keras dan berdisiplin tinggi oleh figure ayah yang notabene bekerja dalam bidang militer juga. Hal ini membuat Ibu Andarwati tumbuh menjadi wanita yang mandiri dan tegas.

Lulus dari sekolah dasar, Ibu Andarwati melanjutkan ke sekolah negeri, yaitu SMPN 3 dan SMAN 3 Malang. Beliau mengambil jurusan IPA ketika SMA, dengan kimia sebagai mata pelajaran favoritnya. Inilah cita – cita beliau sesungguhnya, menempuh pendidikan di bidang kimia dan menjadi seorang ahli kimia.

Sayangnya cita – cita tersebut tidak tercapai. Mungkin Allah SWT berkehendak lain. Awalnya Ibu Andarwati menempuh pendidikan S1 di Universitas Brawijaya pada jurusan Akuntansi, mengikuti jejak sang ayah. Tetapi sulitnya mencari literature dan fasilitas belajar, serta lulusan jurusan akuntansi yang jumlahnya masih sedikit dan prospek jangka panjang yang saat itu belum secerah sekarang, membuat beliau memutuskan untuk transfer ke jurusan Manajemen pada tahun berikutnya. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 dalam waktu 4,5 tahun dengan mengambil konsentrasi Manajemen Keuangan.

Pendidikan S2 di Universitas Indonesia Jakarta ditempuh beliau sambil bekerja, di antaranya sebagai dosen tidak tetap di STEKPI, bekerja di Bank Eksekutif, dan sebagai konsultan manajemen di salah satu grup konglomerat. Profesi konsultan manajemen ini mengantarkan Ibu Andarwati ke luar negeri untuk pertama kalinya, yaitu mengikuti homestay di USA untuk mendalami bidang investasi dan property. Namun krisis moneter yang mendera perekonomian dunia kala itu membuat beliau memutuskan untuk resign dan mengawali karier di Universitas Brawijaya Malang (sebelum resmi menjadi tenaga pengajar di Universitas Brawijaya Malang, beliau sempat bekerja di Langkawi, Malaysia dan mengikuti beberapa regional meeting).

Beliau menempuh pendidikan S3 bidang strategi lembaga keuangan di Universitas Airlangga Surabaya setelah resmi menjadi tenaga pengajar di Universitas Brawijaya Malang, dengan disertasi yang berjudul “Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal terhadap Strategi dan Kinerja di Perusahaan Modal Venture” dan menerima gelar Doktor pada tahun 2007

Beberapa kegiatan yang beliau ikuti selama berkarier di Universitas Brawijaya Malang antara lain :

  1. Anggota dewan juri Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Fakultas Ekonomi pada bulan April 2009.
  2. Salah satu juri pada event lomba esai yang bertema “Be Future leader” pada bulan Oktober 2008.
  3. Mengikuti program homestay ke Massay University, Wellington, New Zealand pada bulan Juli – September 2008.

Banyak hal menarik yang beliau dapatkan ketika mengikuti program homestay tersebut. Program tersebut merupakan program peningkatan kualitas SDM dalam hal mengajar menggunakan Bahasa Inggris. Banyak dosen dari negara lain yang juga mengikuti program homestay tersebut. Ibu Andarwati mendapat banyak pengalaman dan pembelajaran, terutama tentang budaya dan informasi tentang pendidikan di luar negeri. Hal ini memotivasi beliau untuk bisa memperkenalkan Universitas Brawijaya Malang ke kancah internasional. Ada juga pengalaman kurang menyenangkan yang beliau alami selama tinggal di New Zealand, berkaitan dengan kebiasaan atau budaya masyarakatnya yang agak stingy (pelit) padahal kondisi perekonomian di sana lebih baik daripada di Indonesia. Cara hidupnya juga berbeda dan hal ini membuat beliau menyimpulkan bahwa sepertinya New Zealand kurang cocok digunakan sebagai negara tujuan homestay.

Ibu Andarwati memberi nasihat bahwa sangat penting mempelajari perbedaan – perbedaan budaya berbagai negara di dunia. Contohnya seperti pengalaman yang beliau alami sendiri;  beliau sudah cukup mengenal budaya orang Amerika (karena pernah mengikuti homestay di USA sebelumnya), ternyata budaya orang New Zealand yang sama – sama ”bule” tidak sama dengan orang Amerika. Namun satu hal yang selalu diingat oleh beliau adalah filosofi dari salah seorang teman di Amerika, yaitu ”jangan malu – malu untuk melakukan hal yang kau anggap benar dan nikmatilah hidupmu”. Hal ini mendorong beliau untuk selalu bersikap berani, tegas, dan mandiri, sehingga saat tinggal di New Zealand beliau dapat ”survive” meskipun dengan kondisi budaya yang berbeda.

Jabatan Ibu Andarwati saat ini adalah sebagai Pengelola Kelas Manajemen Internasional. Manajemen Internasional adalah program studi yang baru dibuka Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang tahun 2008 lalu. Awalnya beliau hanya membantu dalam persiapan program internasional ini, namun karena pengelola sebelumnya tidak bisa melanjutkan jabatannya, Ketua Jurusan Manajemen memberi tawaran kepada beliau untuk menjadi pengelola yang baru.

Beliau banyak membagikan suka dukanya selama menjadi Pengelola Kelas Manajemen Internasional ini kepada kami. Dukanya antara lain mahasiswa dan peminat kelas Manajemen Internasional ini masih sedikit sehingga harus lebih gencar dalam melakukan promosi. Sukanya yaitu dengan menjadi pengelola kelas internasional, kemampuan berbahasa inggris beliau pasti semakin terasah.

Di berbagai kesempatan beliau juga berkesempatan mengikuti konferensi – konferensi internasional yang membahas tentang pemberian akreditasi universitas bertaraf internasional, standardisasinya, serta bagaimana progress / perkembangan berbagai universitas di dunia. Dari sana beliau banyak mengambil pengalaman dan pembelajaran. Namun di balik itu ada tantangan besar yang harus beliau hadapi, yaitu bagaimana dapat mengembangkan dan memajukan kelas manajemen internasional ini. Untuk itu, berbagai rencana telah dipersiapkan untuk menunjang pengembangan kelas internasional, di antaranya kerjasama program double degree (salah satunya dengan University of Southern Queensland Australia), mengundang mahasiswa asing sebagai bagian dari program promosi, dan program pertukaran mahasiswa ke Amerika.

Ibu Andarwati banyak memberikan kontribusi positif bagi UKM – UKM di kota Malang. Hal ini terlihat dari berbagai penelitian dan program – program pengabdian masyarakat beliau (sebagian besar merupakan studi kasus terhadap UKM – UKM) yang sebagian besar berfokus pada strategi keuangan pada usaha dengan modal venture.

Berikut ini beberapa penelitian yang pernah beliau lakukan :

  1. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kredit macet kredit usaha tani (KUT) pada KUD mekar mulia, (2005)
  2. Pemberdayaan masyarakat miskin desa melalui operasi pasar khusus beras (Studi pada pemberdayaan masyarakat miskin. (2003)
  3. Studi mengenai industri, strategi dan lokasi yang mempengaruhi keberhasilan venture business di Malang. (2003)

Selain yang sudah kami sebutkan di atas, masih banyak sekali penelitian yang Ibu Andarwati lakukan, biasanya untuk keperluan Pemda, namun tidak jarang pula dilakukan untuk keperluan industri – industri kecil (industri bermodal venture di antaranya berbagai UKM, rumah makan, usaha manufaktur, dan sebagainya) di kota Malang.

Menurut beliau, sebenarnya penelitian tidak hanya dilakukan untuk menemukan solusi atas permasalahan yang terjadi, namun yang terpenting adalah bagaimana kita mengaplikasikan penelitian tersebut di dunia nyata dan mengambil pengalaman serta pembelajaran dari objek yang diteliti.

Dari penelitian – penelitian yang pernah beliau lakukan, hasilnya digunakan oleh pihak yang berkepentingan untuk mengambil kebijakan, misalnya pada penelitian tahun 2003 tentang strategi UKM di Malang yang menghasilkan kesimpulan bahwa kebanyakan UKM di Malang menggunakan strategi fokus dalam menjalankan usahanya. Kesimpulan ini dapat digunakan Pemda untuk mengambil kebijakan yang tepat terkait dengan keberadaan UKM di Malang.

Serupa dengan penelitian – penelitian yang pernah Ibu Andarwati lakukan, program – program pengabdian masyarakat yang beliau lakukan juga sebagian besar tentang pengembangan industri – industri kecil di kota Malang. Beliau sering memberi penyuluhan kepada pemilik usaha kecil di Malang dan sekitarnya tentang bagaimana meningkatkan daya saing produk, alokasi dana dalam usaha, melakukan analisis faktor kendala dan pendukung dalam usaha, juga mengadakan pelatihan tentang marketing dan keuangan. Selain dapat berbagi ilmu dengan pemilik industri kecil tersebut, Ibu Andarwati juga banyak mengambil pelajaran dari mereka, di antaranya tentang bagaimana cara konkretnya mensukseskan suatu usaha serta menganalisis dan mengulas gambaran sukses tersebut dalam variabel – variabel tertentu.

Kegemaran Beliau

Hobi traveling dan keingintahuan yang tinggi terhadap hal – hal baru terlihat pada riwayat pendidikan beliau yang ditempuh di berbagai kota dan beberapa program homestay yang beliau ikuti (di antaranya di USA dan New Zealand).

Ibu Andarwati sangat menggemari pertunjukan balet. Semasa mengikuti program homestay di USA, beliau selalu meluangkan waktu untuk melihat pertunjukan balet. Selama tinggal di New Zealand pun beliau menyempatkan diri untuk melihat pertunjukan balet di sana, namun beliau sedikit kecewa karena dirasa kurang berkualitas, berbeda dengan pertunjukan balet di Amerika. Beliau bercita – cita melihat pertunjukan balet di beberapa negara lain, salah satunya Rusia yang sangat terkenal pertunjukan baletnya.

Selain itu, beliau juga gemar menonton teater atau sandiwara. Beliau senang melihat pertunjukan di Broadway, hingga rela mengantre berjam – jam (meskipun seringkali sendirian) untuk bisa mendapat tiket pertunjukan.

Hal yang Memotivasi Beliau

Beliau ingin selalu memberikan sumbangsih terbaik bagi dunia pendidikan, khususnya Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dan memajukan pendidikan Indonesia pada umumnya. Beliau berpendapat bahwa negara akan berkembang dengan baik jika sistem hukum, perekonomian, dan pendidikannya baik pula. Itulah sebabnya beliau mengharapkan adanya perubahan sistem pendidikan Indonesia agar tidak terus terkungkung dalam budaya yang sempit dan dapat menjadi negara yang diperhitungkan di dunia internasional.

Kiat – kiat Beliau dalam Hidup

Satu hal yang Ibu Andarwati yakini dan tegaskan adalah kita harus selalu berusaha sekuat tenaga mencapai apa yang kita inginkan dan cita – citakan, jangan pernah menyerah dan berputus asa sebelum berhasil. Selain itu, beliau juga berpesan untuk teguh pada pendirian, jangan hanya mengikuti arus mayoritas, dan jangan mudah terpengaruh oleh pandangan maupun pendapat orang lain yang dapat melemahkan apalagi mengubah pendirian kita.

Visi Masa Depan dan Harapan Beliau

Dalam hal karir, beliau ingin terus menambah pengetahuan dan mencapai jenjang yang lebih tinggi dalam dunia pendidikan. Ibu Andarwati juga bercita – cita terus mengembangkan dan memajukan kelas Manajemen Internasional di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Namun harapan terbesar beliau adalah melihat Universitas Brawijaya Malang menjadi universitas bertaraf internasional dan lebih dikenal oleh dunia.

Sumber Penulisan Laporan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s